Cara Membuat dan Menambah Stiker Whatsapp Sendiri di Android

Whatsapp memang saat ini belum seperti Line ataupun Telegram yang mempunyai fitur tambah sticker di dalamnya. Namun ternyata ada cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat atau menambah stiker whatsapp sendiri di android kamu.

Caranya melalui mengunduh Whatsapp beta terlebih dahulu dan aplikasi sticker yang ada di playstore.

Penasaran bagaimana langkah membuat / menambah sticker pada Whatsapp ini? Simak langkahnya.

membuat dan menambah stiker wa sendiri
membuat dan menambah stiker wa sendiri

Cara Menambah Stiker Whatsapp di Android

  • Whatsapp memang saat ini memang belum mempunyai fitur stiker, jadi hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload versi Whatsapp Beta di Play Store.
  • Selanjutnya, untuk menambahkan fitur stiker, kamu bisa memilih kategori stiker yang kamu inginkan dengan menginstall juga aplikasi Sticker Packs For Whatsapp di Play Store.
  • Setelah kamu mendownload kedua aplikasi tersebut, selanjutnya klik tanda + kemudian pilih opsi Add. Secara otomatis sticker akan bertambah di Whatsapp kamu.

Kamu bisa mencobanya dengan mulai chat dengan seseorang. Untuk menambah dan mengirimkan sticker, tinggal kamu klik icon sticker di bawah fitur menu emoji Whatsapp. Sticker akan nampang di chat kamu.

Baca juga:  Cara memulihkan iMessage yang terhapus

Cara Membuat Stiker Whatsapp Sendiri di Android

Jika kamu bosan dengan sticker yang ada, dan berpikir ingin membuat sticker, kamu pun bisa melakukannya! Contohnya kamu ingin membuat foto kamu untuk dijadikan sticker, bisa – bisa saja.

Caranya berikut ini :

  1. Kamu harus menyiapkan foto kamu yang akan kamu jadikan sticker Whatsapp. Setidaknya minimal 3 buah foto harus disediakan sebagai syarat minimal membuat sticker.
  2. Lalu edit foto kamu terlebih dahulu dengan menggunakan tool seperti Photoshop atau bisa menggunakan aplikasi Background Eraser buatan MediaEncode Inc.
  3. Gunakan tool di aplikasi Background Eraser atau aplikasi lain yang semacamnya untuk menghapus background foto kamu dan menjadikannya transparan. Caranya, klik tombol ‘eraser’ pada aplikasi Background Eraser tersebut. Jika kamu ingin menambahkan teks, aplikasi ini juga menyediakan fitur tambah teks seperti teks. Kamu tinggal mengeditnya sesuai selera.
  4. Save gambar foto yang telah diedit ke dalam format PNG. Caranya dengan mencentang ketiga gambar editan kamu tadi, secara otomatis gambar akan terkonversi ke dalam format PNG. Selain aplikasi Background Eraser, kamu juga bisa mengambil gambar berformat PNG tersebut di berbagai situs seperti Pngtree, Pixabay, ataupun Unsplashed.
  5. Setelah gambar kamu telah berubah menjadi berformat PNG, buka aplikasi Whatsapp kamu, dan pilih menu sticker sampai gulir ke bawah hingga muncul tanda ‘get more sticker.’
  6. Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk mendownload Personal Sticker For Whatsapp. Download aplikasi tersebut jika kamu belum memiliki tool sticker tersebut.
  7. Aplikasi Personal Sticker For WhatsApp ini akan membantu gambar atau hasil foto kamu yang telah diedit ke dalam format PNG ini menjadi sticker Whatsapp.
  8. Caranya, buka aplikasi tersebut kemudian tap tombol ADD.
  9. Selanjutnya akan muncul notifikasi untuk menambahkan gambar, kamu tinggal pilih opsi Tambah.
  10. Sekarang, foto kamu yang telah di edit menjadi sticker akan muncul sebagai sticker di Whatsapp.
Baca juga:  10 Aplikasi Android Yang Menghasilkan Uang

Sekarang, aplikasi Whatsapp kamu jadi lebih hidup dan menarik dengan fitur sticker yang kamu bisa tambahkan atau buat setiap saat.

Jika kamu ingin menambahkan foto kamu lainnya untuk dijadikan sticker Whatsapp, kamu cukup lakukan cara – cara seperti disebutkan di atas.