Cara Menghapus Halaman Word di Laptop dan Android

Untuk sebagian orang halaman kosong yang ada di dalam dokumen microsoft word mungkin akan memberikan pemandangan kurang rapi. Tidak heran jika ada banyak orang yang memilih untuk menghapus halaman tersebut.

Biasanya halaman kosong yang sering muncul ini akibat dari salah menggunakan page break pada sebuah dokumen di microsoft word. Ada cara menghapus halaman di word baik itu di awal, tengah atau akhir halaman.

cara menghapus halaman di word
cara menghapus halaman di word

Cara Menghapus Halaman Word di Android

Buat anda  yang memiliki mobilitas tinggi namun tetap harus menyelesaikan semua pekerjaan tepat pada  waktunya pasti anda menggunakan aplikasi microsoft word di smartphone android anda.

Pasalnya anda bisa mengoperasikan HP dimanapun dan kapanpun sehingga akan jauh lebih mudah dan praktis dibandingkan dengan menggunakan perangkat laptop.

Berikut ini cara menghapus halaman di word android di smartphone anda.

  1. Langkah yang pertama, buka terlebih dahulu aplikasi microsoft word di hp android milikmu.
  2. Lalu, karena di microsoft word android tidak memiliki fitur untuk menampilkan simbol paragraf, maka anda harus blok semua baris paragraf yang kosong.
  3. Selanjutnya tap dan tahan pada halaman word yang kosong. Setelah itu block semua baris paragraf yang kosong tersebut.
  4. Terakhir tinggal tekan tombol ‘Delete’ pada keyboard dan selesai.
Baca juga:  Resolusi Layar Laptop dan PC

Cara Menghapus Halaman Word di Laptop

Beberapa halaman kosong ternyata ada yang mudah dihapus dan ada juga yang sulit walau sudah dicoba menghapusnya dengan berbagai tombol di laptop. Walau sulit bukan berarti tidak bisa menghilangkan halaman kosong tersebut.

Berikut beberapa cara untuk menghapus halaman di microsoft word menggunakan laptop. Baik itu menghapus halaman di awal, tengah maupun di akhir.

1. Menghapus halaman terakhir di word

  1. Pertama, di tab home silahkan klik ikon Show/Hide Paragraph yang terdapat pada grup ‘Paragraph’. Bisa juga menggunakan shortcut keyboard Ctrl + Shift + 8. Hal ini dilakukan bertujuan supaya anda bisa melihat bagian paragraf kosong yang ada di halaman dokumen tersebut.
  2. Lalu, silahkan scroll ke halaman kosong yang terdapat di akhir dokumen. Atau juga bisa dengan menggunakan shortcut keyboard Ctrl + End supaya dapat langsung ke halaman akhir.
  3. Di sini anda dapat melihat ada beberapa simbol paragraf tanpa adanya tulisan yang menjadi penyebab kenapa dokumen word anda mempunyai halaman kosong di bagian akhirnya.
  4. Untuk menghapusnya, anda tinggal block semua simbol paragraf kemudian tekan tombol ‘Delete’ pada keyboard.
Baca juga:  Cara Memperbaiki Kartu Memori Lengkap

2. Menghapus halaman kosong di tengah

  1. Pertama, silahkan tampilkan terlebih dahulu simbol paragraf yang ada pada dokumen word agar lebih mudah saat akan menghapus halaman yang kosong.
  2. Anda bisa langsung tekan tombol shortcut Ctrl + Shift + 8 supaya lebih cepat.
  3. Lalu silahkan scroll ke bagian halaman word yang kosong tadi.
  4. Pada bagian ini, anda bisa lihat ada banyak simbol paragraf maupun page break yang menjadi penyebabnya.
  5. Setelah itu block semua paragraf yang kosong tersebut termasuk apabila ada page break lalu tekan tombol ‘Delete’ pada keyboard.
  6. Terakhir, tekan kembali shortcut Ctrl + Shift + 8 untuk menghilangkan simbol paragraf yang muncul tadi. Selesai.

Akan terlihat sulit cara menghapus halaman di word baik menggunakan android maupun dengan menggunakan laptop jika tidak langsung dipraktekkan.

Tidak memakan waktu lama, lakukan cara diatas maka dokumen anda akan terlihat lebih baik dan rapi.