Kriminal

Tolak Pasien Sekarat, Massa Geruduk RS Ariya Medika Tangerang

Rombongan pria berbaju hitam merangsek masuk ke RS Ariya Media dan mengumbar kemarahan.
Rombongan pria berbaju hitam merangsek masuk ke RS Ariya Media dan mengumbar kemarahan.

Sekelompok orang yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) KPK mendatangi Rumah Sakit Ariya Medika, di Jalan Industri Raya, Jatake, Kota Tangerang pada Selasa, 10 Oktober 2017, sekitar pukul 18.30 WIB. Tanpa basa-basi, mereka langsung menemui dokter dan memarahinya, memukul petugas keamanan hingga memecahkan kaca.

Salah seorang pegawai bagian informasi rumah sakit bernama Santi menuturkan, saat dirinya sedang bekerja seperti biasanya. Hingga tiba-tiba ada sekelompok pria berseragam hitam-hitam datang ke tempatnya bekerja.

Dengan wajah yang tak bersahabat, mereka langsung meluapkan amarah.

“Tiba-tiba ada puluhan orang datang dan langsung marah-marah,” ujar Sinta ditemui Kriminologi.id di Rumah Sakit Arya Medika, Jumat 13 Oktober 2017.

Setelah itu mereka merangsek masuk ke dalam ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang berada di sisi kanan gedung rumah sakit tersebut.

Dokter yang sedang berjaga di IGD menjadi sasaran amukan mereka.

“Mereka marah-marah sama dokter jaga yang ada di ruang IGD itu. Mereka bilang ada satu orang pasien yang meninggal karena diabaikan oleh rumah sakit,” imbuh Sinta.

Sementara itu, menurut Kepala HRD RS Ariya Medika, Yustinus Wali, selain meluapkan amarah dengan kata-kata, puluhan orang itu juga melakukan aksi perusakan dan pemukulan. Petugas keamanan rumah sakit sampai ada yang mengalami luka akibat dipukuli.

“Ada satu petugas dipukulin sama orang-orang itu sampai luka dibagian pelipis,” kata Yustinus yang saat kejadian itu berada di lokasi.

Mereka menghancurkan kaca meja kerja dokter di ruang IGD.

“Mungkin karena mereka merasa megang (berkuasa) jadi melakukan itu,” ucap Yustinus.

Aksi penggerudukan sejumlah orang ke Rumah Sakit Ariya Medika itu sempat terekam dalam video yang kemudian menyebar luas di media sosial. Dalam video tersebut memperlihatkan seorang ibu yang sedang sekarat di dalam mobil. Ia dipangku oleh seorang wanita di jok belakang mobil Suzuki Baleno Silver bernomor polisi B 8612 CG.

Video yang diunggah oleh akun Kaleng di Facebook itu juga menampilkan aksi sejumlah anggota LSM KPK yang diduga melakukan penggerudukan dan memarahi serta membentar dokter dan pegawai, memukul meja petugas rumah sakit hingga berteriak.

Hingga berita ini ditulis, sudah 20 ribu lebih video tersebut dibagikan.

Berikut videonya:

loading...


Artikel Lain