Seorang Pria Coba Bakar Diri di Samping Ka’bah

by
Pria yang mencoba membakar diri dekat kabah dibekuk pihak keamanan

Jurnalindonesia.id, mancanegara – Seorang pria mencoba membakar diri di dekat kabah, tempat paling suci bagi umat Islam di area Masjidil Haram, Mekah. Warga Saudi berusia 40-an itu mengguyur diri dengan bensin dan mencoba menyalakannya.

Atas tindakan tersebut, tim keamanan kemudian segera menyeret pria tersebut dari pinggir Ka’bah dengan dibantu oleh para jamaah.

Insiden ini terjadi pada Senin (6/2) malam waktu setempat dan videonya menyebar viral di media sosial.

“Tingkah lakunya menggambarkan bahwa dia menderita gangguan jiwa,” kata juru bicara polisi Mayor Sameh al-Salami dikutip AFP, Selasa (7/2).

Sejumlah rekaman di media sosial menunjukkan jemaah haji dan polisi menggiring pria itu pergi sebelum dia sempat membakar tubuhnya sendiri.

Saksi-saksi yang dikutip media Saudi menyatakan pria tersebut juga mencoba membakar kiswah, kain hitam yang menyelimuti Kabah.

Salah satu saksi mengatakan kepada Sabq bahwa pria tersebut sempat menyerukan slogan “taghfiri,” merujuk pada kelompok ekstremis Islam yang diyakini bertanggung jawab atas serangkaian serangan di seluruh dunia.

Jumlah jemaah haji yang sangat banyak membuat pengecekan keamanan di masjid ini sangat sulit dilakukan.

Pada November 1979 silam, Masjidil Haram diduduki oleh 400 orang fundamentalis yang dipimpin Juhayman al-Oteibi. Dia mengklaim dirinya bersama Imam Mahdi.

Mereka menyandera jemaah haji dan baru bisa dilumpuhkan oleh pasukan khusus yang terlibat baku tembak semalaman.