Politik

SBY Pimpin Rombongan Keluarga Kondangan di Nikahan Kahiyang-Bobby

SBY dan keluarga hadiri acara pernikahan putri Jokowi
SBY dan keluarga hadiri acara pernikahan putri Jokowi

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono hadir beserta keluarganya di resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

Dengan didampingi Ani Yudhoyono, SBY mengucapkan selamat kepada kedua mempelai.

“Saya mengucapkan semoga keduanya berbahagia dan dapat menjalankan bahtera rumah tangga secara lancar dam baik,” kata SBY di lokasi acara, Solo, Rabu (8/11/2017).

Hal senada juga diungkapkan oleh anak sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono, yang datang bersama istrinya, Annisa Pohan.

AHY berharap, Kahiyang dan Bobby bisa mendapatkan keturunan yang berbakti kepada orangtuanya, dan berguna bagi bangsa dan negara.

“Semoga nanti anaknya lucu-lucu dan bisa berguna bagi bangsa dan negara. Aamiin,” kata Agus.

Agus Harimurti Yudhoyono hadir bersama istrinya, Annisa Pohan

SBY tiba di gedung Graha Saba Buana, Solo, tempat berlangsungnya resepsi pernikahan Kahiyang -Bobby sekitar pukul 07.37 WIB. Dia hadir dengan ditemani Ani Yudhoyono serta Agus Yudhoyono beserta istri, Annisa Pohan, dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Kehadiran Presiden ke-6 RI itu disambut oleh Mendagri Tjahjo Kumolo di lokasi acara.

Sebelum masuk ke dalam ruangan gedung, SBY menyalami sejumlah menteri yang sudah hadir, di antaranya Menhan Ryamizard Ryacudu.

“Saya lihat ini menunjukkan budaya adat kita yang baik. Bangsa harus melestarikan nilai harkat dan budaya. Pak Jokowi dan keluarga sangat menghormati adat kita dan budaya kita,” kata SBY saat diminta tanggapan terkait dengan konsep acara pernikahan tersebut.

Selain SBY, hadir juga Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Setya Novanto bersama istri, Surya Paloh, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta pejabat lain.

Tidak hanya itu, duta besar dari sejumlah negara yang menumpang dua bus khusus ikut menyaksikan jalannya akad nikah Kahiyang-Bobby.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo mengatakan, SBY tiba di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Selasa (7/11/2017) sore. Dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Solo.

Lebih lanjut Roy mengungkapkan, SBY secara khusus menyempatkan diri hadir di acara tersebut di sela kesibukannya. Padahal, pada Selasa pagi dirinya masih berada di Singapura.

Rabu malam, SBY akan kembali ke Yogyakarta untuk kemudian melanjutkan agendanya ke Magelang dan Purworejo.

Resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby pada siang hari dibagi dua sesi. Pertama berlangsung pukul 10.30 WIB hingga 11.30 WIB dan kedua pada pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Pada malam hari, resepsi pernikahan juga digelar dua sesi. Pertama pada pukul 18.30 WIB hingga 19.30 WIB dan kedua pada pukul 20.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Akad nikah sekaligus ijab kabul Kahiyang-Bobby sendiri berlangsung pada pukul 09.00.

Jokowi mengaku, menyebarkan sekitar 8.000 undangan untuk pernikahan putrinya tersebut.

Jumlah itu terdiri dari pejabat negara, pimpinan lembaga negara, tokoh-tokoh partai politik, relawan hingga tetangga dan warga Solo.

Para tamu undangan yang hadir dalam resepsi Kahiyang-Bobby akan mendapat suvenir atau kenang-kenangan dari Kahiyang-Bobby. Salah satu yang akan diberikan sebagai suvenir adalah kotak grafir kaca. Suvenir ini merupakan buah karya seorang seniman asal Solo, Jawa tengah.

Hiasan grafir kaca itu bermotif batik Sidomulyo dan bledak. Jumlah yang dipesan tak banyak, hanya 500 buah.

Bentuknya kotak persegi panjang dengan enam sisi atau heksagon. ada yang berwarna dan ada juga yang putih polos.

Selain suvenir untuk tamu undangan, keluarga Jokowi juga minta untuk dibuatkan kotak cincin grafir kaca untuk pasangan pengantin. Buah karya Mintorogo sebagai pengrajin grafir kaca sudah melanglang buana hingga mancanegara dengan harga jual mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Artikel ini sudah diterbitkan di Glamor.id

Komentar Facebook

You Might Also Like