Kriminal

Romo Magnis Siap Hadapi Eggi Sudjana

Franz Magnis-Suseno
Franz Magnis-Suseno

Franz Magnis-Suseno menanggapi sikap Eggi Sudjana yang melaporkan balik dirinya. Pendiri Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta ini dengan tegas menyatakan tak akan menarik ucapannya soal Eggi Sudjana.

Diketahui, Eggi Sudjana melaporkan balik orang-orang yang melaporkannya ke polisi. Delapan orang dilaporkan, termasuk budayawan Franz Magnis Suseno atau Romo Magnis.

Romo Magnis dilaporkan terkait pernyataanya yang telah menyebut Eggi Sudjana bodoh di salah satu media.

Baca: Romo Magnis: Ada Dua Kebodohan Besar dari Eggi Sudjana

Merespons hal itu, Romo Magnis beranggapan tidak ada yang salah dengan ucapannya mengenai Eggi Sudjana.

“Saya tidak peduli. Terserah jika Pak Eggi lapor ke polisi. Yang saya katakan sudah jelas dan akan saya pertahankan. Saya anggap (pernyataan saya) itu sudah tepat,” ujar Romo Magnis kepada CNNIndonesia.com, Selasa (10/10).

Romo juga mengaku tak tahu apa motif lain dari laporan Eggi terhadap dirinya. “Tetapi kalau maksudnya untuk mengintimidasi, dia tak akan berhasil melakukan itu,” ujarnya.

Romo Magnis pun siap mengikuti proses hukum seandainya laporan itu ditindaklanjuti.

Baca: Eggi Sebut Pengacara Tidak Bisa Dituntut, Pidana maupun Perdata

Romo Magnis, sebagaimana yang kita tahu, adalah budayawan yang cukup dikenal publik. Romo pernah mendapat penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari Presiden Joko Widodo pada 13 Agustus 2015 lalu.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk pengakuan pemerintah atas kontribusi Romo Magnis di bidang kebudayaan.

Selain dikenal sebagai budayawan, Romo Magnis juga merupakan seorang rohaniwan Katolik, cendekiawan, dan aktivis sosial.

Sebagai cendekiawan, Romo Magnis telah menghasilkan sejumlah buku dengan beragam tema. Tulisannya juga tersebar di berbagai media massa dan jurnal ilmiah.

Romo Magnis juga aktif mendukung kampanye dan gerakan yang terkait dengan kemanusiaan. Dia lahir di Eckersdorf, Silesia, Polandia, 26 Mei 1936 dan datang ke Indonesia pada 1961.

loading...


Artikel Lain