Nasional

Rizieq Shihab Ceramah di Gerakan Indonesia Sholat Subuh (GISS) Masjid At-Tin

Gerakan Indonesia Sholat Subuh (GISS) di Masjid At-Tin
Gerakan Indonesia Sholat Subuh (GISS) di Masjid At-Tin

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mengisi ceramah di sholat subuh berjamaah  di mesjid At-Tin, Jakarta Timur, Rabu (27/9/2017). Sholat subuh berjamaah yang bertajuk Gerakan Indonesia Sholat Subuh (GISS) dimulai sekitar pukul 03.00 WIB.

Diawali dengan tausiyah dari beberapa ulama. Rizieq sendiri yang sedianya berceramah lewat siaran langsung dari Arab Saudi, batal dilakukan. Sehingga diganti dengan video rekaman ceramahnya. Disediakan sebuah proyektor di pojok kanan mesjid yang digunakan untuk menyiarkan video tersebut.

Gerakan Indonesia Sholat Subuh (GISS) di Masjid At-Tin (Foto: Parastiti Kharisma Putri/detikcom)

Para jemaah terdiri dari orang-orang dewasa dan sedikit anak-anak. Mereka dominan mengenakan baju putih, meskipun mukena jemaah perempuan juga nampak beragam warna.

Sejumlah tokoh pun hadir dalam kegiatan tersebut. Antara lain Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad al-Khaththath, Abdul Rasyid selaku dewan penasehat GISS, dan ketua DPP FPI DKI Jakarta Ahmad Shabri Lubis.

Usai salat subuh, ceramah dimulai. Terdengar imbauan agar para jemaah jangan meninggalkan masjid terlebih dahulu usai salat.

Dalam ceramahnya, Rizieq mengatakan kegiatan salat subuh berjamaah yang dilakukan oleh GISS bertujuan untuk mengokohkan persatuan umat Islam. Dia berharap gerakan salat subuh semacam ini dilakukan di seluruh masjid di Indonesia.

“Gerakan Indonesia Sholat Subuh ini tujuannya untuk memperkokoh persatuan umat Islam. Saya berharap agar Gerakan Indonesia Sholat Subuh ini meluas di masjid-masjid di seluruh Indonesia,” kata Rizieq dalam videonya yang diputar seusai salat Subuh.

Rizieq pun menuturkan, kegiatan serupa sudah dilakukan sejak 20 tahun yang lalu. Juga, saat Pemilihan Gubenur DKI Jakarta-pun Rizieq mengungkapkan pernah diwacanakan untuk melakukan kegiatan seperti itu namun tidak teralisasi.

“Gerakan Indonesia Sholat Subuh ini sudah pernah dilakukan 20 tahun yang lalu. Waktu Pilgub DKI juga pernah diwacanakan dengan tamasya Al-maidah itu tapi tidak terlaksana,” tutur Rizieq.

Rizieq Shihab berceramah lewat siaran langsung dari Arab Saudi.

Rizieq Shihab berceramah lewat siaran langsung dari Arab Saudi. (Foto: Parastiti/detikcom)

Video yang berdurasi sekitar 11 menit tersebut diputar dan dipancarkan ke layar proyektor sehingga semua orang di masjid bisa melihat. Para jemaah duduk menyimak ceramah Rizieq.

 

loading...


Artikel Lain