Pendidikan

Putra Kapolda Metro Sabet Predikat “Grand Champion” Lomba Matematika Internasional di Singapura

Irfan yang merupakan putra Kapolda Metro jaya Irjen Pol Idham Azis berhasil meraih predikat Grand Champion ajang IMCS
Irfan yang merupakan putra Kapolda Metro jaya Irjen Pol Idham Azis berhasil meraih predikat Grand Champion ajang IMCS

jurnalindonesia.id – Pelajar asal Indonesia berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam ajang International Mathematics Contest (IMCS) di Singapura yang berlangsung pada 4 hingga 7 Agustus 2017. Bahkan ada satu peserta yang mampu meraih gelar Grand Champion.

Dialah Irfan Urane Azis. Ia berhasil menyandang predikat Grand Champion setelah berhasil meraih prestasi tertinggi dengan mengungguli ratusan peserta lainnya dari 11 Negara.

Irfan yang merupakan Siswa kelas 10 SMA Taruna Nusantara di Magelang ini, mengikuti ajang IMCS bersama 129 pelajar asal Indonesia lainnya yang berasal dari tingkat SD hingga SMA.

Irfan pun mengaku sangat bersyukur dan tidak menyangka bisa menjadi Grand Champion di IMCS.

Irfan yang juga putra kedua Kapolda Metro jaya Irjen Pol Idham Azis mengungkapkan sulitnya bersaing dengan ratusan peserta asing di kompetisi matematika tersebut. Namun, dengan semangat dan tekad yang tinggi, Irfan akhirnya berhasil meraih juara.

Menjelang digelarnya kompetisi, Irfan pun sudah mempersiapkan diri dengan rutin berlatih mengerjakan soal secara mandiri. Ditambah juga dengan mengikuti pelatihan selama dikarantina oleh Klinik Pendidikan Mipa (KPM).

“Kesulitanya harus memenej waktu dalam mengerjakan soal, karena saya ditantang mengerjakan banyak soal dalam waktu singkat. Waktu itu 15 soal dikasih waktu 1,5 jam,” ucap remaja yang bercita-cita jadi polisi ini.

Sementara itu Team Leader KPM Indonesia, Ridwan Hasan Saputra mengungkapkan, dari 129 peserta yang ikut dalam ajang tersebut, total prestasi yang berhasil disabet ada 14 emas, 26 perak, 50 perunggu dan 38 merit.

“Hal yang sangat membanggakan di tahun ini adalah Irfan Urane Azis, siswa kelas 10 SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah. Dia memperoleh penghargaan Grand Champion,” tutur Ridwan.

Baca: 14 Pelajar Indonesia Raih Medali Emas di International Mathematics Contest Singapura

14 Pelajar asal Indonesia berhasil meraih medali emas di Ajang Matematika Internasional di Singapura. (Foto: Merdeka.com/Kirom)

Dalam kesempatan itu, Irfan pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada sang ayah, yang sudah banyak memberikan dukungan.

“Kan saya manggilnya Tata, makasi Ta sudah selalu ada buat aku, suport aku kalau lagi susah, makasih juga sudah nasihati aku kalau aku salah,” ucapnya kepada sang Ayah dalam sambungan telpon.

 

Artikel Lain