Kesehatan

Penyebab dan Cara Mencegah Hipertensi

Hipertensi memang sangat membahayakan karena bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnya muncul. Seperti dapat memicu serangan jantung dan juga stroke. Untuk itu anda harus waspada terhadap penyakit hipertendi atau darah tinggi ini. Penyakit ini tak hanya menyerang orang yang sudah tua saja, anak muda pun bisa terserang hipertensi. Untuk itu mari kita ketahui tentang penyebab hipertensi seperti berikut ini:

  • Stress

Tidak heran jika penyakit ini bisa menyerang anak muda. Salah satu penyebab hipertensi adalah stress yang muncul. Anak muda memang terkadang lebih banyak mengalami stress karena perasaan yang masih labil.

  • Obesitas

Diet berlebihan memang tak baik, namun obesitas atau kelebihan berat badan juga tak sehat. Salah satunya bisa menyebabkan hipertensi. Untuk itu anda cek berat badan anda agar tak obesitas.

  • Terlalu Banyak Garam

Memakan makanan yang mengandung banyak garam juga sangat bahaya. Anda akan terkena hipertensi jika segera tak mengurangi kadar garam yang berlebihan dalam makanan.

  • Merokok Dan Meminum Minuman Beralkohol

Siapa yang setuju jika sudah seharusnya rokok dimusnahkan. Banyak penyakit yang bisa dialami dari konsumsi rokok ini. Salah satunya penyakit hipertensi atau darah tinggi. Meminum minuman beralkohol juga bisa menyebabkan anda terkena hipertensi.

Setelah melihat penyebab hipertensi, maka sebaiknya anda hindarkan hal-hal yang bisa menyebabkan hipertensi. Tak ada salahnya jika anda lebih menjaga diri. Jangan hanya terpaku dengan usia, karena usia muda juga bisa terkena hipertensi. Dengan menhindari dan mencegah hipertensi maka anda bisa lebih bisa merencanakan masa depan ini. Untuk mengetahui apa saja pencegahan yang bisa anda lakukan untuk terhindar dari hipertensi, anda perhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Memakan Sayuran Dan Buah-Buahan

Seperti yang kita lihat di atas jika salah satu penyebab hipertensi adalah terlalu banyak mengonsumsi garam pada makanan. Untuk itu cara mencegahnya, anda bisa mengonsumsi buah-buahan dan kurangi memakan makanan yang tak sehat. Selain itu juga sangat baik jika anda mengonsumi sayuran, namun sayurannya anda buat makanan yang tidak mengandung garam.

  1. Rutin Berolahraga

Pencegahan hipertensi selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Selain membuat tubuh anda sehar dan segar. Anda pun akan lebih berkeringat dan lemak pun akan terbakar. Maka anda pun akan terhindar dari obesitas yang bisa menyebabkan hipertensi. Anda lakukan olahraga ringan sepertu jalan kaki ke kantor atau naik turun tangga di rumah sudah snagat ekeftif membakar lemak di tubuh.

  1. Banyak Minum Air putih

Dengan menghindari minuman bersoda, apalagi beralkohol maka hipertensi tak akan pernah menghinggapi anda. Gantinya anda harus meminum air putin secaar rutin. Anjuran dari banyak ahli kesehatan adalah mengonsumi 8 gelas air putih sehari. Cara ini juga bisa membantu anda lebih kenyang, dan menghindarkan dari obesitas.

 

loading...


Artikel Lain