Teknologi

Mengenal Mobile Backend as a Service

cloud

Mobile Backend as a Service adalah salah satu layanan cloud yang memungkin seorang mobile app developer melakukan integrasi antara database, cloud storage, push notification, management user, yang terintegrasi dengan API dan SDK (Software developer kita). Mobile Backend as a Service menyediakan solusi integrasi dengan banyak platform OS Mobile seperti Android dan iOS.

Penggunaan Mobile Backend as a Service bagi seorang mobile developer akan memperingan mereka, karena seorang mobile app developer memerlukan fase development yang panjang. Dengan Mobile Backend as a Service mereka bisa mempersingkat waktu development.

Dengan Mobile Backend as a Service, mobile developer akan lebih mudah dalam mengelola user database, file management, social networking integration, location services, dan mengatur load balancer dari trafik yang masuk ke mobile app, dengan lebih mudah. Dengan Mobile Backend as a Service, seorang Mobile Developer tidak perlu melakukan setup load balance dan management header server secara manual, karena semua sudah di manage didalam Mobile Backend as a Service (MBaas).

Keuntungan lainnya, cost untuk menage mobile app akan lebih murah. Dari pada seorang mobile developer harus melakukan instalasi manual di dalam server bare metal atau VPS Server. Ketika anda membangun environment sendiri dari server kosong, tentu akan menghabiskan banyak waktu, kalian harus memperhatikan masalah security, dan integrasi dengan aplikasi lainnya.

Mobile Backend as a Service menjadi salah satu solusi utuh untuk seorang mobile developer. Seharusnya kalian sebagai mobile developer fokus pada logic programming dan solusi yang akan kalian buat. Pekerjaan ini jauh lebih penting dan memerlukan proses panjang, Kalau kalian harus menggunakan server kosong dan melakukan instalasi manual satu per satu, waktu seorang mobile developer akan semakin habis dan aplikasi membutuhkan waktu lama untuk rilis.

Mobile Backend as a Service cukup untuk mengerjakan multi apps, jadi bukan hanya sekedar kalian mudah untuk me-manage user saja, tapi juga me-manage banyak aplikasi dalam satu backend. Hal ini akan memudah kan kamu untuk melakukan monitoring dari kestabilan mobile app kalian, ketika OS mobile upgrade kalian bisa memantau dalam satu dashboard. Mempercepat fase upgrade dan memastikan mobile app kalian dalam kondisi normal di smart user.

 

Komentar Facebook

Lainnya