Kesehatan

Mengenal Manfaat Minyak Ikan Bagi Anak dan Cara Memberikannya Secara Tepat

Minyak yang berasal dari ikan banyak memiliki manfaat sehingga tak heran jika pemberian minyak ikan ini banyak dilakukan oleh para orang tua kepada anaknya. Namun ada baiknya jika pemberian suplemen ini dipastikan dulu keamanannya sehingga bisa diberikan dengan takaran secara tepat. Pada dasarnya pemberian minyak yang berasal dari ikan ini bertujuan demi memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 dimana nutrisi yang satu ini amat penting sehingga tubuh bisa berfungsi secara optimal.

Perlu diketahui jika dalam hal ini manfaat dari minyak yang berasal dari ikan ini masih diteliti secara lebih lanjut dimana banyak penelitian yang menunjukkan kemungkinan pada manfaat omega 3 ini telah dimulai sejak bayi masih ada di kandungan. Omega 3 akan mampu mendukung kemampuan kognitif pada anak mulai dari koordinasi mata dan tangan, kemampuannya dalam fokus serta sosial. Bahkan omega 3 juga mampu menekan resiko untuk asma sehingga banyak sekali orang tua yang mengusahakan anaknya agar bisa mendapat asupan omega 3 yang cukup dari minyak yang berasal dari ikan ini.

Pada dasarnya untuk sumber omega 3 yang terbaik adalah dari konsumsi ikan itu sendiri. Meski begitu ada juga beberapa sayuran hijau serta minyak zaitun yang juga mengandung omega 3, tapi jumlahnya tidak mencukupi. Namun sebagai informasi juga jika tidak semua ikan memiliki kandungan omega 3 dan aman untuk anak serta Ibu hamil karena selalu ada resiko racun, terlebih pada ikan dengan ukuran yang besar. Ada baiknya jika konsumsi ikan tidaklah lebih dari 340 gram dalam seminggunya.

Saat ini dengan kemajuan teknologi, suplemen minyak ikan sudah tersedia di pasaran secara mudah. Anda bahkan bisa membelinya di toko online terpercaya sehingga mudah didapatkan. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda tahu untuk memberikan suplemen minyak yang berasal dari ikan ini untuk anak:

  • Setiap kebutuhan anak akan suplemen ini tentunya berbeda mengingat kondisi setiap anak juga berbeda-beda. Oleh karena itu Anda boleh menanyakan pada dokter anak terkait dosis dari suplemen minyak ikannya ini secara tepat agar mendapatkan takaran yang juga tepat.
  • Pemberian suplemen lebih baik berhati-hati pada anak yang memiliki kondisi khusus misalnya anak yang memiliki gangguan pada peredaran darah, konsumsi obat encer darah dan sejenisnya. Selain itu ada juga beberapa anak yang lemah dan alergi ikan sehingga harus diwaspadai.
  • Ada baiknya dalam pemberian suplemen ini untuk tidak memaksa anak karena tidak semua anak mau. Lebih baik tunggu hingga anak siap.
  • Pemberian suplemen kepada anak harus melewati usia 1 tahun serta berdasar anjuran dokter.
  • Berikan minyak yang berasal dari ikan kepada anak dalam bentuk tablet kunyahan sehingga mampu memudahkan ketika mengkonsumsinya.
  • Apabila ada, Anda bisa memilih minyak yang berasal dari ikan yang mengandung rasa menarik misalnya mint atau rasa lain agar rasa minyak ikannya agar samar.
  • Mencampur minyak yang berasal dari ikan dengan madu pun bisa jadi jalan keluar sehingga anak tidak eneg ketika menelan minyak tersebut.

Memang minyak ikan memiliki manfaat yang amat baik bagi tumbuh kembang tubuh dan otak anak, namun ada baiknya jika pemberiannya juga tetap diawasi dokter dan berdasar saran dokter. Hal ini demi meminimalisir efek dan reaksi yang tidak diinginkan mengingat kondisi anak yang berbeda-beda.

Komentar Facebook

You Might Also Like