Marah Diminta Pindah Tempat Menyusui, Ibu Semprotkan ASI

oleh
Ilustrasi ibu menyusui

Jurnalindonesia.id, mancanegara – Seorang ibu yang sedang menyusui bayinya di depan umum menyemprotkan air susunya kepada wanita yang menyuruhnya untuk pindah ke tempat tertutup.

Insiden itu terjadi di sebuah taman di Dartford, Ken, Inggris. Kasus ini dan kemudian menjadi viral di media sosial, demikian ungkap Daily Mail, 2 Februari 2017.

Seorang perempuan, yang namanya tak disebutkan oleh Daily Mail, melaporkan insiden tersebut dalam akunnya di Facebook.  “Kepada wanita yang menyusui di taman Dartford dan berpikir bahwa itu adalah tempat yang tepat untuk menyusui bayinya di mana anak dan suami saya sangat terganggu saat duduk di dekatnya,” tulis perempuan tersebut.

“Saya kira Anda tidak perlu melakukan hal itu hanya karena saya meminta Anda untuk pergi ke suatu tempat yang lebih tertutup, berkata ‘f*ck off’ dan menyemprotkan isi payudara Anda kepada saya. Timdakan Anda ini sangat tidak beralasan. Saya harap Anda malu pada diri Anda sendiri!”

Namun postingan tersebut malah memancing amarah netizen yang menyatakan dukungannya kepada ibu menyusui.  Seorang netizen, Janice Holmes berkomentar: “Aku harap kau malu pada dirimu sendiri, reaksinya itu mungkin belum seberapa untuk menangani ketidaktahuan Anda, dia memiliki hak untuk memberi makan anaknya di sana. Jika tersinggung, mengapa Anda tidak pindah tempat?”

Ciara Bennett menambahkan: “Jika wanita ini mengatakan kepada saya untuk berhenti menyusui putri saya dan menyuruh untuk pergi ke tempat lain, saya akan memberitahu dia untuk melakukan hal serupa! Betapa menyedihkan menyusui masih dipandang sebagai hal buruk dan pemberian susu formula dianggap normal. Selamat berjuang untuk ibu menyusui yang mengatakan wanita ini ke mana harus pergi.” Netizen lain mengkritik suaminya karena “main mata” kepada si ibu dan anaknya.

Baru-baru ini, sebuah undang-undang dikeluarkan di Inggris untuk melindungi hak-hak ibu menyusui agar mereka tidak didiskriminasikan di depan umum, seperti misalnya diminta untuk meninggalkan kafe, toko, atau transportasi umum.

Tata cara menyusui yang dicantumkan di situs NHS Inggris mengatakan kepada para orang tua: “Anda seharusnya tidak perlu merasa tidak nyaman apabila ingin menyusui di depan umum. Bahkan, Equality Act 2010 telah melarang siapa saja yang meminta seorang wanita menyusui untuk meninggalkan tempat umum, seperti kafe, toko atau transportasi umum.”

 

ren/LIPUTAN6