Kesehatan

Makanan Bayi 6 Bulan yang Layak Dikonsumsi untuk si Buah Hati Anda

Memiliki bayi dengan usia yang masih sangat muda adalah hal yang bisa menjadi suatu anugerah dan kesenangan tersendiri sebab hal itu bisa menjadi pilihan untuk Anda merasakan bagaimana asyik dan senangnya merawat bayi dalam usia seperti itu. Namun tidak dapat dipungkiri juga terkadang ada perasaan yang membuat Anda merasa harus mewaspadai segalanya sehingga bisa membuat suatu tolok ukur bagaimana dan apa saja yang sebaiknya Anda lakukan dalam memilih atau memperlakukan bayi Anda. Sebab ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi perkembangan anak Anda terutama untuk anak yang masih dalam usia 6 bulan, pastinya ada beberapa makanan bayi 6 bulan yang boleh dimakan dan juga tidak.

Mengapa bayi yang masih kecil harus mengkonsumsi beberapa jenis makanan dengan sangat hati-hati? Sebab salah satu hal yang mendasarinya adalah sistem pencernaan yang masih kurang sempurna belum bisa membuat anak kecil dapat menyerap atau menelan banyak makanan dengan beragam jenis. Bahkan hal tersebut bisa saja membuat anak Anda jatuh sakit. Inilah betapa pentingnya untuk Anda memperhatikan beberapa jenis makanan yang sebaiknya anak Anda konsumsi dengan baik dan pilih saja beberapa yang memang merupakan pilihan tepat.

Berikut ada beberapa jenis makanan yang merupakan pilihan tepat untuk bayi yang berusia 6 bulan sebagai asupan gizi dan keseimbangan nutrisi yang sesuai:

  • Bubur beras,

Sudah tidak asing lagi bahwa sejak dahulu bubur beras memang menjadi salah satu jenis makanan yang cocok untuk seorang bayi. Bagaimana tidak? Teksturnya yang begitu lembut menjadikan bayi merasa cocok dalam mengkonsumsi makanan yang satu ini dan hal itu akan membuat Anda mampu berpikir tepat dalam menentukan pilihan. Kandungan vitamin dan gizi yang ada dalam bubur beras juga memang seimbang sehingga dapat menjadi pilihan makanan yang sangat pas untuk seorang bayi.

  • Bubur pisang,

Bagi Anda yang sudah terbiasa merawat seorang bayi pastinya tidak akan asing lagi dengan yang namanya memberikan makanan berupa bubur pisang. Sebab pisang sebagai salah satu jenis buah-buahan yang cocok untuk dijadikan pilihan karena memang memiliki banyak serat dan bisa menyehatkan tubuh bayi Anda. Namun memang sebaiknya dikontrol dengan sangat bagus juga sehingga tidak akan membuat anak Anda mengalami yang namanya konstipasi. Hal ini akan sangat berpengaruh pada bagaimana sebaiknya Anda memilih dan mempertimbangkan pilihan yang tepat.

  • Bubur alpukat,

Fungsinya hampir sama dengan pisang, buah-buahan yang cocok untuk dijadikan makanan bayi 6 bulan ini memang seringkali dijadikan bubur untuk bayi dan cara pembuatannya sama dengan cara membuat bubur pisang yakni dengan cara di lumat menggunakan garpu lalu bisa Anda tambahkan dan beri susu sebagai daya tarik untuk anak Anda agar manis yang dirasakan adalah bukan manis buatan dari gula akan tetapi dari susu. Banyak anak-anak yang menyukai makanan yang satu ini dan Anda pun bisa mencoba menyajikannya untuk anak Anda.

  • Bubur tahu atau bubur kacang-kacangan,

Jika anak Anda merasa bosan terhadap makanan yang terbuat dari buah-buahan maka Anda bisa mencoba membuat bubur dari tahu maupun kacang-kacangan. Ini bisa menjadi alternatif pilihan lain yang bisa membuat Anda merasa cocok dan sempurna dalam menentukan makanan yang cocok dan seimbang serta kaya akan manfaat yakni dari segi gizi yang tepat sebagai makanan untuk makanan bayi 6 bulan ke Anda.

loading...


Artikel Lain