Kesehatan

Kolesterol Tinggi? Perhatikan Nutrisi Makanan Anda!

Kolesterol dapat dikatakan sebagai salah satu penyakit modern yang banyak dialami oleh masyarakat. Pada dasarnya, penyakit semacam ini disebabkan karena pola makan dan banyaknya konsumsi makanan yang tidak sehat. Seiring dengan semakin banyaknya makanan cepat saji yang mudah didapat, penderita kolesterol tinggi pun bukan lagi hanya orang tua saja. Banyak juga orang yang masih berusia muda sudah memiliki penyakit ini. Jika anda adalah salah satunya, ada baiknya anda mulai memperhatikan makanan untuk penderita kolesterol untuk anda konsumsi agar kolesterol dalam tubuh anda tidak semakin parah.

Kolesterol bisa disebabkan oleh banyaknya konsumsi makanan berlemak dan kurangnya serat. Karena itu, berikut ini adalah kandungan pada makanan untuk penderita kolesterol yang perlu anda ketahui agar anda tetap bisa menikmati makanan dengan nyaman:

  1. Beta Glukan

Beta glukan adalah serat yang dapat membantu mencegah kolesterol dalam usus diserap oleh tubuh. Makanan kaya akan beta glukan adalah salah satu makanan yang bisa anda konsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah anda. Mengkonsumsi sekitar 3 gram makanan yang kaya akan kandungan beta glukan dalam sehari dapat membantu anda mengurangi kolesterol dalam tubuh anda. Makanan yang kaya akan beta glukan ini bisa anda dapatkan dalam makanan seperti jelai dan oat.

  1. Omega 3

Selain mampu membantu meningkatan kecerdasan otak, Omega 3 juga merupakan kandungan yang baik bagi orang yang memiliki keluhan kolesterol tinggi. Omega 3 ini memang tidak berdampak langsung terhadap penurunan kadar kolesterol dalam darah. Akan tetapi, omega 3 dapat membantu anda menurunkan tekanan darah dan membantu menurunkan resiko terbentuknya bekuan darah. Dengan mengkonsumsi omega 3 selama 3 kali seminggu, maka anda dapat membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah anda. Makanan kaya omega 3 ini dapat anda dapatkan melalui berbagai jenis ikan seperti salmon, makarel, tuna, dan sarden.

  1. Sterol dan stanol

Sterol dan Stanol dapat membantu anda menghalangi  penyerapan kolesterol oleh tubuh anda. Sterol dan Stanol ini bisa anda dapatkan melalui berbagai kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, buah, dan minyak nabati. Kecuali minyak sawit dan minyak kelapa karena keduanya kaya akan kandungan lemak jenuh.

Itulah kandungan dalam makanan untuk penderita kolesterol yang baik untuk tubuh anda dan dapat menjaga kolesterol anda agar tidak semakin parah.

Komentar Facebook

You Might Also Like