Kriminal

Kepergian Eggi Sudjana ke Arab Saudi Dikaitkan dengan Saracen, Pengacara: Dia Bukan Habib Rizieq, Dia Pasti Pulang

Eggi Sudjana dan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab

Kuasa Hukum Eggi Sudjana, Razman Nasution tidak menampik bahwa kliennya saat ini sedang berada di Arab Saudi. Namun ia menampik anggapan bahwa kepergian Eggi berkaitan dengan namanya yang masuk dalam struktur pengurus sindikat penyebar ujaran kebencian, Saracen.

Razman mengatakan keberangkatan Eggi ke Arab Saudi untuk menjalankan ibadah Haji.

“Beliau (Eggi) tadi malam pergi haji,” ucap Razman saat mendatangi Bareskrim Mabes Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017). Kedatangan Razman ke Bareskrim untuk mengajukan pelaporan atas kliennya yang tertulis dalam struktur kepengurusan Saracen.

Razman juga memastikan kliennya segera pulang begitu ibadah haji selesai ditunaikan. Razman pun sempat membandingkan Eggi dengan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) yang hingga kini tak kunjung pulang ke tanah air.

“Saya pastikan akan pulang, dia bukan Habib Rizieq yang enggak pulang. Dia enggak pulang karena dikriminalisasi,” ujar Razman.

Sebelumnya, Eggi Sudjana sudah berkali-kali membantah bahwa dirinya terlibat kelompok Saracen. Dia juga sempat menolak seandainya pihak kepolisian memanggilnya sebagai saksi dalam kasus Saracen.

“Salah besar saya dipanggil (pihak kepolisian),” tutur Eggi dalam sebuah acara diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/8/2017).

Eggi menegaskan, dirinya tidak tahu-menahu soal Saracen. Apalagi, menurut dia, tersangka Ketua Saracen, yakni Jasriadi, sudah mengatakan tidak mengenalnya, meskipun di nama Eggi tertulis sebagai dewan pembina.

“Jasriadi sudah menjelaskan bahwa tidak kenal dengan Eggi Sudjana, bahwa itu jabatan dewan pembina itu masih baru wacana. Belum ada, belum mereka konfirmasi,” ucap dia.

Sementara itu Polri berencana mengundang pihak-pihak yang namanya tercantum di struktur organisasi Saracen. Mereka diundang untuk dimintai klarifikasi.

 

loading...


Artikel Lain