Cerita dan Humor, Teknologi

Jalan Dewi Sartika di Bekasi Berubah jadi Dewi Persik, Ini Kata Pemkot

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bekasi, Jawa Barat, memprotes kepada phak Google soal perubahan nama Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Bekasi Timur, yang tiba-tiba sekarang berubah menjadi Jalan Dewi Persik. Perubahan tersebut ada dalam layanan Google map. Sementara ini diduga perubahan itu atas ulah isi hacker.

Kepala Diskominfo Kota Bekasi Titi Masrifahati membenarkan hal tersebut, dan telah melayangkan surat resmi tertuju untuk operator Google.

“Kami ingin tahu alasannya seperti apa, sebab penamaan jalan di Kota Bekasi tidak bisa seenaknya diubah,” kata Titi di Bekasi, Senin (7/8) sebagaimana dikutip Antara.

Jalan Dewi Sartika adalah penghubung jalur protokol Jalan M Hasibuan dengan Jalan Ir H Djuanda. Dan perubahan nama tersebut diketahui telah berlangsung sejak 30 Juli 2017 di layanan Google Map.

Jalan Dewi Sartika yang diubah namanya jadi Jalan Dewi Persik di Google Maps (Foto: istimewa)

Titi sendiri mengaku baru mendapat laporannya pada Sabtu (5/8) kemarin. Dan hari itu juga ia langsung mengontak operator Google untuk meminta klarifikasi untuk meminta penjelasan terkait alasan penggantian nama dari sosok pahlawan perempuan asal Jawa Barat itu menjadi nama Dewi Persik yang oleh publik dikenal sebagai penyanyi dangdut.

 

Titi menduga perubahan nama tersebut akibat ulah iseng ‘hacker’, meski demikian belum diketahui motifnya.

Screenshot Google Maps “Jl Dewi Persik”.

Penelusuran JurnalIndonesia.id, Senin (7/8/2017) pukul 15.00 WIB, di layanan Google Maps memang tertera sebuah jalan dengan nama Jalan Dewi Persik. Jalan tersebut terletak di wilayah Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Dilihat dari lokasinya, nama asli jalan itu adalah Jalan Dewi Sartika, namun entah kenapa berubah menjadi Jalan Dewi Persik.

Setelah ditelusuri ke lokasi yang sesuai dengan petunjuk Google Maps, memang benar, jalan tersebut aslinya bernama Jalan Dewi Sartika, bukan Jalan Dewi Persik. Ada plang nama jalan itu di lokasi tersebut.

Warga sekitar pun menegaskan nama jalan itu tetap Jalan Dewi Sartika. Malah warga tidak tahu menahu soal viral Jalan Dewi Persik di media sosial.

Sementara di peta digital lain, peta iOS contohnya, jalan itu masih bernama Jalan Dewi Sartika. Nampaknya ada yang iseng  mengubah nama jalan itu menjadi jalan Dewi Persik.

Kehebohan semacam ini bukan kali ini terjadi. Beberapa waktu lalu, saat sedang heboh plesetan Fitsa Hats, sebuah restoran pizza namanya diubah menjadi Fitsa Hats.

Screenshot lokasi yang sama dengan peta digital di iOS.

 

loading...


Artikel Lain