Kesehatan

Inilah 4 Gejala Yang Akan Kamu Rasakan, Saat Asam Lambung Mulai Naik

Mungkin, sebagian besar dari kita masih belum banyak yang tahui mengenai penyakit asam lambung. Harus kalian catat, asam lambung merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena kita sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Dengan demikian, kadar asam pada lambung pun akan ikut meningkat. Biasanya, penyakit yang satu ini juga selalu dibarengi dengan peradangan pada area lambung. Kadar asam itu sendiri berfungsi sebagai pencerna makanan yang kita makan sehari-hari. Menurut para ahli lambung, takaran normal kadar asam lambung itu seharusnya antara pH 1.5 sampai dengan pH 3.5. Apabila kadar asamnya lebih dari pH 3.5, maka bisa dipastikan bahwa asam lambung kamu sedang naik. Untuk mengetahui gejala asam lambung naik, berikut dibawah ini ada 4 gejala yang akan kamu rasakan saat asam lambung mulai naik :

  1. Mengalami Muntah-muntah

Gejala pertama yang akan kamu rasakan saat asam lambungnya naik, yakni kamu akan mengalami muntah-muntah. Apabila kamu memakan makanan yang memiliki sifat kadar asam seperti buah sirsak, buah mangga muda, buah belimbing muda, dan sebaginya, maka perut kamu akan kembung dan mual, yang diakhiri dengan muntah-muntah. Sedari itu, kamu harus menghindari makanan-makanan yang memiliki kadar asam.

  1. Area Perut Akan Kesakitan yang Disertai Rasa Perih

Gejala kedua yang akan kamu rasakan saat asam lambungnya naik, yakni area perut kamu akan kesakitan yang disertai rasa perih. Sama halnya dengan gejala muntah-muntah, dimana gejala yang satu ini juga akan kamu rasakan setelah memakan makanan yang memiliki kadar asam.

  1. Bagian Dada Terasa Panas

Gejala berikutnya yang akan kamu rasakan saat asam lambungnya mulai naik, yakni bagian dada kamu akan terasa panas seperti tebakar api. Hal ini dikarenakan imbas dari asam lambung yang naik menuju kebagian kerongkongan hingga ke mulut. Secara otomatis, bagian dada juga merupakan jalur yang dilalui oleh kadar asam yang naik tersebut.

  1. Bersendawa

Gejala terakhir yang akan kamu rasakan saat asam lambungnya naik, yakni kamu akan bersendawa. Masih dari imbas asam lambung yang naik menuju kebagian kerongkongan dan mulut, sehingga rasa sendawa ini akan terus muncul apabila asam lambungnya belum turun. Bahkan, rasa sendawa yang terus menerus ini juga bisa menyebabkan muntah-muntah lho.

Itulah 4 gejala yang akan kamu rasakan, saat asam lambungnya mulai naik. Apakah diantara kalian ada yang menderita penyakit tersebut ?

Komentar Facebook

You Might Also Like