Nasional

Ini Kisah di Balik Foto Buya Syafii Maarif Bersepeda yang Viral di Medsos

Buya Syafii Maarif naik sepeda
Buya Syafii Maarif naik sepeda. (Foto: Dok. ratsani.wordpress.com)

Jurnalindonesia.id – Foto mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, menjadi pembicaraan di medua sosial. Di foto tersebut tampak Buya Syafii Maarif sedang mengendarai sebuah sepeda ontel tua di sebuah jalan di Yogyakarta.

Dihubungi detikcom, Buya mengaku kaget jika fotonya tersebut menjadi bahan perbincangan. Pasalnya, dia kerap menggunakan sepeda untuk aktifitasnya sehari-hari.

“Kok bisa ada beredar foto saya di medsos. Saya nggak ingat (kapan waktunya naik sepeda yang di medsos tersebut). Kaget juga,” ujar Syafii kepada detikcom, Selasa (7/2/2017).

Syafii mengatakan tiap hari naik sepeda. Bersepeda, menurutnya, merupakan olahraga yang murah meriah.

“Jamnya bisa pagi, siang, sore,” ucapnya.

Syafii menambahkan, saat naik sepeda, dia tidak memakai pengawal. Lagi pula dia yakin ada yang menjaganya.

“Nggak dikawal, ngapain? (Kan) ada malaikat,” tutur pria yang tinggal di Sleman, Yogyakarta, ini.

Meski suka naik sepeda, Syafii mengatakan tidak pergi jauh-jauh. Jarak yang ditempuh dekat dengan rumahnya, yang berada di Sleman.

“Saya kalau naik sepeda cuma 6 kilometer dari rumah. Nggak jauh,” kata Syafii, yang tidak bisa lama-lama berbicara karena sedang menemani istrinya yang sedang sakit.

Awalnya dari blogger Ratsani.wordpress.com yang menuliskan kisah pertemuannya dengan Buya Syafii di acara bedah buku “Marhaenis Muhammadiyah” karya Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan di sebuah gedung di Yogyakarta.

Blogger yang menjadi ‘penggemar berat’ Buya itu menuliskan tentang bagaimana Buya Syafii keluar dari gedung acara dan mengendarai sepeda untuk pulang ke kediamannya.

“Di depan, ada seorang panitia yang tampak menyiapkan sepeda. Ternyata Buya Syafii yang naik sepeda! Aku sempat bertanya pada seorang wartawan di dekatku tentang rumah Buya Syafii, katanya memang tidak jauh dari gedung tempat acara berlangsung,” tulisnya.

Syafii Maarif naik sepeda membawa buku di dalam plastik. (Foto: Dok. ratsani.wordpress.com)

Syafii Maarif naik sepeda membawa buku di dalam plastik. (Foto: Dok. ratsani.wordpress.com)

Blogger tersebut mengungkapkan rasa kagumnya atas kesahajaan Buya Syafii tersebut.

“Bersepeda menghadiri acara ini sebagai pembicara menunjukkan kesederhanaan dan berjiwa bebas, seperti ungkapmu di suatu acara TV tahun lalu.”

Tampaklah contoh bahwa dalam keseharian, sebaiknya orang tampak biasa-biasa saja. Melihat Buya yang setua ini masih segar bersepeda, sempat teringat kalau beliau dulunya Ketua Umum PP Muhammadiyah, penerima Ramon Magsaysay Award 2008, sempat turun tangan mengurai kisruh urusan KPK tahun lalu, guru besar Sejarah UNY, erat dengan tokoh-tokoh agama di dalam dan luar negeri,” tulisnya.

Buya Syafii Maarif naik sepeda

Buya Syafii Maarif naik sepeda. (Foto: Dok. ratsani.wordpress.com)

Foto itu pun kemudian menuai pujian di sosial media.

Salah satunya dari Abillah Toha. Lewat akun Twitter-nya, @AT_AbdillahToha, salah satu pendiri Partai Amanat Nasional itu menuliskan pujiannya untuk Buya Syafii: “Tokoh yang pendiriannya kokoh dan akhlaknya patut dicontoh.”

 

Artikel Lain