Kesehatan

Ini Dia 4 Dampak Buruk Pasca Operasi Amandel

Pada dasarnya, anak-anak sangat rentan terhadap penyakit tonsilitis alias amandel. Biasanya, penyakit yang satu ini juga sering dibarengi dengan demam pada tubuh. Namun yang jadi pertanyaannya disini, apakah orang dewasa juga bisa terkena penyakit amandel ? Menurut kabar yang beredar, ternyata orang dewasa juga tidak luput dari serangan penyakit amandel.

Dengan kata lain, operasi amandel dewasa juga harus dilakukan. Terlepas dari semua hal itu, mungkin sebgaian besar dari kita belum banyak yang tahu tentang efek samping setelah dilakukannya operasi amandel. Nah bagi anda yang penasaran akan efek sampingnya, berikut dibawah ini ada 4 dampak buruk pasca operasi amandel :

1. Sakit Dibagian Tenggorokan

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit amandel menyerang bagian tenggorokan. Dengan demikian, operasi amandel yang dilakukan juga tidak jauh dari area tenggorokan. Alhasil tenggorokkan kita pun agak terasa sakit pasca dilakukannya operasi amandel. Meski sakitnya tidak terlalu menyakitkan, namun hal tersebut juga cukup membuat kita terganggu. Akan tetapi semua itu juga tergantung pada tingkatan seberapa besarkah operasi amandel yang harus dilakukan.

2. Pendarahan Dibagian Mulut

Efek samping yang kedua pasca operasi amandel, yakni terjadi pendarahan dibagian mulut. Meski jarang terjadi, namun kasus pendarahan pada mulut ini juga tidak menutup kemungkinan akan terjadi pasca operasi amandel. Hal itu dikarenakan ada bagian yang harus disayat, sehingga akan terjadi pendarahan dibagian mulut. Untuk menghindari kasus demikian, anda harus segera melakukan perawatan pasca operasi amandel.

3. Resiko Terkena Infeksi

Dilakukannya operasi amandel akan meninggalkan bekas luka disekitar area tenggorokan. Mengingat akan hal tersebut, bukan tidak mungkin bahwa bekas lukanya akan terkena infeksi jika tidak segera dilakukan perawatan. Pada saat perawatannya juga tidak boleh asal-asalan, ditakutkan akan berakibat fatal. Ada hal yang perlu kalian ketahui, dimana pola makan yang tidak teratur juga dapat menimbulkan infeksi pasca operasi amandel.

4. Menimbulkan Rasa Sakit Pada Bagian Telinga

Dilihat secara kasat mata, letak telinga dengan tenggorokan memang berjauhan. Namun tahukah anda ? Bahwa telinga, tenggorokan, dan otak, memiliki urat syaraf dengan jalur yang sama. Dengan demikian, telinga pun akan terkena imbas pasca dilakukannya operasi amandel. Selain itu, pasca operasi amandel juga selalu disertai dengan rasa pusing dibagian kepala.

loading...


Artikel Lain