Politik

Hadapi Proses Hukum, Ahok Didampingi Hampir 100 Pengacara

Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Jurnalindonesia.id – Ada hampir 100 pengacara yang akan mendampingi Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada kasus dugaan penistaan agama.

Pengacara itu terdiri dari berbagai pihak termasuk organisasi, relawan dan juga partai politik pengusung Ahok yakni PDIP, Hanura, NasDem dan Golkar.

Koordinator tim pengacara Ahok, Sirra Prayuna menuturkan, pengacara dari Bantuan Hukum dan Advokasi (BBHA) PDI Perjuangan saja ada 36 pengacara yang mendampingi Ahok. Belum lagi dari organisasi lainnya yang juga menyediakan advokasi untuk mantan bupati Belitung Timur itu.

“Hampir seratus orang (anggota tim kuasa hukum Ahok). Dari BBHA saja sudah 36 orang, ada juga teman-teman dari berbagai organisasi. Ketua timnya saya,” kata Sirra Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (7/11).

Sirra mengakui pengacara yang mau mendampingi Ahok memang banyak. Alasannya, karena dia tak bisa melarang karena pengacara-pengacara pembela Ahok semata-mata memang ingin membantu calon gubernur DKI yang berpasangan dengan Djarot S Hidayat itu.

“Mereka mau berpartisipasi saya enggak bisa larang. Atas inisiatif mereka ikut. Bukan permintaan Pak Ahok. Buat apa minta banyak-banyak,” jelasnya.

Selain itu Sirra juga sudah menyusun strategi untuk mematahkan laporan tentang dugaan Ahok menista agama. Di antaranya dengan menghadirkan para ahli agama, ahli hukum pidana, serta pakar bahasa.

“Kita mempersiapkan beberapa saksi fakta ahli. Ada ahli agama, ahli linguistik bahasa dan hukum pidana,” pungkasnya

Komentar Facebook

Lainnya