Foto-foto Firza Husein di Rutan Tersebar Disertai Ancaman Transkrip Percakapan

oleh

Tim kuasa hukum tersangka kasus dugaan makar Firza Husein mengaku sangat terkejut karena foto-foto kliennya di ruang tahanan beredar viral di media sosial.

Saat ini Firza Husein tengah ditahan di rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Dahlia Zein, sang kuasa hukum Firza, heran bagaimana bisa itu terjadi sementara di dalam rutan, pengunjung seperti keluarga dan kuasa hukum, tak diperkenankan membawa ponsel genggam.

“Kami saja kuasa hukum kalau datang jenguk ke Mako Brimob HP (handphone). Kami taruh di depan, tapi ini kenapa ada gambar seperti itu,” ujar Dahlia di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (6/2/2017).

Di foto-foto yang beredar tersebut tampak Firza mengenakan daster bermotif bunga.

Ada tiga foto yang beredar: Firza tengah terlelap di atas ranjang rumah tahanan, Firza sedang makan jath ransum dan Firza sedang makan tempe.

Foto-foto tersebut pertama kali disebar oleh akun ‏Twitter @ratu_adil pada 5 Februari 2017. Dalam keterangan fotonya, @ratu_adil membubuhi tulisan bernada ancaman bahwa akan ada transkrip pembicaraan lengkap 2 bulan antara Ayang Bibib (Habib Rizieq, red) dan Firza Hots (Firza Husein, red).

firza

firza

firza

“Tentu buat kita syok karena itu ada gambar Firza lagi tidur di rutan tanpa hijab itu sempat diviralkan,” ucap Dahlia.

Dahlia membenarkan, perempuan yang ada di dalam foto merupakan Firza. Dahlia mempertanyakan, pihak yang mengambil gambar Firza.

“Kalau yang di twitter bener itu foto firza. Saat ini klien kami diam kecuali kuasa hukum dan keluarga. Dan itu kami gak tau kapan diambilnya,” ucapnya.

“Sementara keluarga hanya kakaknya saja di Jakarta dan adeknya di Palu. Kami sudah konfirmasi ke kakaknya bilang kami ga bawa hp. Ada satu rekan tim juga sudah laporkan ke polisi, dan polisi sedang cari tahu siapa oknum yang menyebarkan,” ucapnya.

Dia melaporkan ke pihak kepolisian, mengenai foto Firza yang beredar di sosial media.

“Ada satu rekan tim juga sudah laporkan ke polisi, dan polisi sedang cari tahu siapa oknum yang menyebarkan,” ucap Dahlia.