Politik

Fakta di Balik Foto Buya Syafii Maarif Makan Bersama Ahok

buya dan ahok

Jurnalindonesia.id – Beberapa hari terakhir Buya Syafii Maarif mendapat banyak kritikan di media sosial (medsos) soal sikapnya yang berseberangan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mantan ketua umum PP Muhammadiyah ini menyebut gubernur dki nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak menistakan agama Islam terkait pidato kontroversialnya di Kepulauan Seribu tempo hari.

Gara-gara bersikap melawan arus itu, dia pun diserang. Hubungannya dengan calon gubernur DKI nomor urut 2 itu pun dipertanyakan.

Syafii Maarif menyatakan bahwa dirinya dengan Ahok hanya kenal biasa, tanpa ada urusan politik di belakangnya.

Namun kemudian netizen kembali mempertanyakan setelah beredar foto yang memperlihatkan Syafii Maarif sedang makan bersama Ahok.

Di medsos seperti Twitter, Facebook dan Instagram, Syafii Maarif disindir dengan adanya foto tersebut. Foto itu dianggap sebagai bukti ada kedekatan yang lebih dari sekadar kenal antara Syafii dengan Ahok. Syafii disebut-sebut memang dekat dengan Ahok.

Foto Ahok makan satu meja bersama Syafii Maarif itu memang bukan foto rekayasa. Foto tersebut pertama kali diunggah oleh Ahok lewat akun Instagram-nya @basukibtp, Senin (21/12/2015) lampau. Dalam keterangannya, Ahok menuliskan, dirinya makan siang sambil bicara soal permasalahan di Jakarta.

“Makan siang hari ini bersama Buya Syafii Maarif. Sambil ngobrol, segala kebobrokan di Jakarta dan Indonesia sudah mendarah daging harus direvolusi mental. Sehat terus Buya,” tulis Ahok.

Foto Buya dan Ahok makan bersama

Foto Syafii Maarif dan Ahok makan bersama

Saat itu, Ahok dan Syafii Maarif tidak hanya berdua makan di meja itu, namun ada juga beberapa staf Syafii Maarif yang menemani.

Foto ini sudah ramai diperbincangkan netizen sebelumnya sejak Syafii Maarif tampil membela Ahok di acara Indonesia Lawyers Club TVOne, Selasa (11 Oktober 2016) lalu. Setelah Syafii Maarif tampil kembali di acara yang sama membela Ahok dan berlawanan sikap dengan MUI, Selasa (8 November 2016) foto ini pun kembali diperbincangkan. Syafii Maarif lagi-lagi dituding punya kedekatan khusus dengan Ahok.

Syafii Maarif dalam berbagai kesempatan telah menegaskan bahwa tidak ada kedekatan khusus antara dirinya dan Ahok. Dia hanya sekadarnya saja kenal Ahok. Dia ingin masyarakat bersikap adil terhadap kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok. Baginya, toh proses hukum sudah berjalan dan Ahok telah meminta maaf dan siap dipenjara jika terbukti bersalah. Apapun keputusan penegak hukum nanti, semua harus dihormati.

Kembali ke soal foto Syafii Maarif dan Ahok yang makan bersama, peneliti di Syafii Maarif Institute Pipit Aidul Fitriyana menjawab hal ini. Dia juga membantah ada kedekatan khusus antara Syafii Maarif dan Ahok.

Dijelaskan Pipit, foto itu terjadi ketika Syafii Maarif bertemu Ahok di acara pembukaan Jambore Pelajar 2015 di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (21/12/2015) lalu. Menurutnya, Ahok yang berinisiatif mengundang Syafii Maarif dalam posisi sebagai tuan rumah.

“Ada yang nemani mereka makan, 5 orang termasuk panitia. Saya Ketua Panitia ketika acara itu berlangsung. Saya sangat paham konteks foto itu. Jadi, tolong jangan menyebarkan fitnah yang tidak semestinya,” ucap Pipit. Dia juga membantah Syafii Maarif punya kedekatan khusus dengan Ahok.

Pipit menyayangkan foto itu menjadi viral, namun kehilangan konteks. Sehingga dengan mudah orang mencibir dan menghina dan mendiskreditkan Syafii Maarif. “Alangkah indah bila kita tidak cepat (sembarangan) mengambil kesimpulan. Supaya tidak pula menjadi ashabul fitnah,” ujarnya.

Komentar Facebook

Lainnya