Mancanegara

Dewan Ulama Arab Saudi Keluarkan Fatwa Muslim Boleh Beribadah di Gereja & Sinagoga

Abdullah bin Sulaiman Al-Manea
Abdullah bin Sulaiman Al-Manea

Seorang anggota Dewan Ulama Senior Arab Saudi Abdullah bin Sulaiman Al-Manea baru-baru ini membuat sebuah pernyataan kontroversial.

Al-Manea mengatakan, Islam adalah sebuah agama toleran dan penuh kasih sayang. Islam bukan agama kekerasan, anti-perbedaan apalagi terorisme.

Dengan demikian, lanjut Al-Manea, umat Muslim harus menyebarkan Islam yang sesungguhnya dan mengikuti tradisi toleransi terhadap pemeluk agama berbeda seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Terkait masalah itu, sebagaimana dilansir harian terbitan Kuwait Al-Anba, Al-Manea mengeluarkan fatwa yang menyebut umat Muslim boleh beribadah di masjid Syiah atau Sufi bahkan di gereja dan sinagoga.

Al-Manea menambahkan, Islam adalah agama yang mengajarkan kebersamaan bukan kekerasan dan menekankan umat Muslim meski berbeda kelompok tetapi memiliki prinsip-prinsip dasar yang sama dalam hal akidah.

Terkait hubungan Islam dengan agama lain, Al-Manea mencontohkan peristiwa ketika Nabi Muhammad menerima rombongan umat Kristen dari Najran di masjidnya.

Tak hanya menerima, Nabi Muhammad bahkan mengizinkan mereka beribadah di dalam masjid dengan menghadap ke arah Jerusalem.

Al-Manea juga mengutip sejumlah perkataan Nabi Muhammad yang menampilkan kemurahan hatinya terhadap sesama termasuk mereka yang tak memeluk agama Islam.

Sementara lembaga tempat Al-Manea bernaung, 10 tahun lalu juga pernah menerbitkan fatwa yang menegaskan bahwa Muslim tak dilarang masuk ke dalam gereja untuk mendapatkan pengetahuan lebih banyak tentang tempat ibadah ini.

Pernyataan tersebut merujuk pada peristiwa yang dialami Khalifah Umar bin Al-Khattab yang menolak bersembahyang di Gereja Makam Suci di Yerusalem karena tidak ingin umat Islam mengganggu orang-orang Kristen di gereja mereka.

Sebagai gantinya, Khalifah Umar salat di wilayah lain dimana sebuah majid dibangun dengan nama Masjid Umar. Kendati demikian Umar tidak menyatakan bahwa umat Islam tidak boleh masuk ke gereja.

Al-Manea menekankan bahwa umat Islam diperbolehkan masuk ke gereja untuk belajar tentang mereka, begitu juga sebaliknya, orang-orang Kristen diizinkan memasuki mesjid, kecuali Masjidil Haram di Mekkah, dan berdoa di dalamnya.

Pernyataan Al-Manea tersebut sejalan dengan imbauan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Dalam pidatonya di Konferensi Inisiatif Investasi Masa Depan di Riyadh beberapa waktu lalu, Pangeran Mohammed menjanjikan Islam yang lebih moderat di Kerajaan Arab Saudi.

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. (Foto: Reuters/Charles Platiau)

Komentar Facebook

You Might Also Like