Ekonomi dan Bisnis

Dengan Kereta Kencang, Jakarta-Surabaya Cuma 4 Jam

Kereta kencang jakarta-surabaya
Ilustrasi

Jurnalindonesia.id – Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan kereta kencang Jakarta-Surabaya akan segera dimulai. Pihak Jepang nantinya akan terlibat dalam proses studi tersebut.

Tadashi Maeda, CEO Japan Bank for Internasional Cooperation (JBIC) menilai dengan posisi Jakarta-Surabaya berjarak 800 km, seharusnya waktu tempuh yang dibutuhkan maksimal adalah selama empat jam.

“Kebetulan 800 km pas harus 4 jam, jadi bagi penumpang kereta itu dimungkinkan,” terang Maeda di Gedung Djuanda, Kemenkeu, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Bila lebih dari empat jam, maka masyarakat akan lebih memilih pesawat. Untuk kecepatannya dimungkinkan sekitar 180-200 km per jam, lebih rendah dari kereta Jakarta-Bandung yang juga akan dibangun.

“Jadi sebetulnya penumpang memilih kereta atau pesawat batasnya 4 jam, kalau lebih dari itu jarak tempuhnya, biasanya orang akan memilih pesawat,” jelas Maeda.

Sebelumnya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjelaskan, diperkirakan perjalanan Jakarta-Surabaya membutuhkan waktu sekitar 6 jam.

“Kalau sekarang kan dari Surabaya-Jakarta, mau tidur di tempat males karena lebih dari 11 jam kan. Kalau nanti 6 jam dipakai buat tidur saja kan dan juga sebaliknya langsung sampai. Ini menarik juga,” ujar Budi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Baca juga: Widih..! Naik Kereta, Purwokerto-Jakarta Cuma Dua Jam

 

Artikel Lain