Cuit Tentang Banjir, Aa Gym Malah Jadi Bulan-bulanan Netizen

oleh
Aa Gym
Aa Gym

“Innaalillahi, jakarta banjir lagi, semoga nanti Ada pemimpin jakarta yang rendah hati, tak ujub takabur merasa Sudah banyak berbuat,” tulis ustaz Abdullah Gymnastiar — atau yang akrab disapa Aa Gym — lewat akun Twitter-nya, @aagym pada 13 Feb 2017.

Cuitan tersebut sebagai tanggapan Aa Gym atas satu berita tentang banjir yang terjadi di Kampung Pulo, Jakarta Timur pada 12 Februari 2014 kemarin.

Aa Gym pun melampirkan screenshot dari laman berita yang dimaksud.

aa gym
Cuitan Aa Gym tentang Banjir di Kampung Pulo

Namun, cuitan tersebut malah membuat pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhid itu menjadi bulan-bulanan netizen.

Adalah akun Dede Budhiyarto, @kangdede78, yang menurut pantauan kami, pertama kali mengoreksi soal foto banjir tersebut. Ia menuliskan, foto yang dilampirkan Aa Gym dalam berita tersebut adalah foto banjir 2 tahun lalu, yaitu dari berita banjir di kampung Pulo tanggal 23 Agustus 2015.

Berita tentang banjir di Kampung Pulo tahun 2015
Berita tentang banjir di Kampung Pulo tahun 2015

Dengan disertai nada sinis, Dede menuliskan: “Krn diliputi kebencian, hatinya tidak bersih seorang udztad kondang posting foto 23 Agustus 2015.”

Bukan cuma Dede, akun @PakarLogika pun menanggapi: “Astagfirullah aa” ini postingan thn 2015 knp dijadikan fitnah?”

Dan masih banyak lagi tanggapan senada.

Setelah kami telusuri, Aa Gym tidak keliru. Hanya saja, dia kurang hati-hati atau terlalu terburu sehingga mengabaikan tabayyun (mencari kejelasan tentang sesuatu hingga jelas benar keadaannya). Yang sebenarnya keliru adalah situs website yang Aa Gym ambil sebagai referensi berita.

Screenshot yang Aa Gym ambil itu dari situs berita Okezone.com berjudul ‘Jakarta Diguyur Hujan sejak Pagi, Kampung Pulo Banjir 50 Cm‘. Berita tersebut di-publikasikan pada Minggu, 12 Februari 2017 pukul 22:27 wib.

Dalam berita tersebut, foto yang dipakai adalah foto banjir luapan sungai Ciliwung pada tahun 2014 lampau. Dimuat oleh Okezone.com. Lihat berita fotonya di sini: Banjir Luapan Sungai Ciliwung

ciliwung

Foto tersebut kemudian dipakai lagi oleh Okezone pada 23 Agustus 2015 untuk memberitakan seputar banjir di Kampung Pulo.

Dan yang terbaru adalah foto tersebut digunakan untuk melaporkan banjir di Kampung Pulo pada Minggu, 12 Februari 2017 kemarin lewat berita berjudul ‘Jakarta Diguyur Hujan sejak Pagi, Kampung Pulo Banjir 50 Cm

Kembali ke cuitan Aa Gym. Selain mengomentari foto berita tersebut, netizen juga banyak yang menyindir dan membandingkannya dengan banjir di Garut, Bandung dan Nusa Tenggara Barat.

“garut banjir, bandung banjir anda gak komen? Oh karena bukan musuh politik..”

“NTB Banjir nya Ga Surut2 Om Udah Bulanan,, Padahal Pemimpin nya Katam Quran Tu,” tulis akun ‏@Tit0Pasa.

Terkait banjir di Kampung Pulo 13 Februari 2017

Soal banjir yang terjadi di Kampung Pulo, Jakarta Timur pada 12 Februari 2017 itu sendiri masih simpang siur.

Sementara Okezone.com menyebutkan, berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ketinggian air di kawasan tersebut di kisaran 30 hingga 50 cm.

Sedangkan Kompas.com, berdasarkan penuturan warga, ketinggian air hanya semata kaki.

Adapun detik.com melaporkan, ketinggian air di Kampung Pulo 10 cm.

Baca selanjutnya: Setelah Jadi Bahan Olokan, Aa Gym Hapus Cuitannya Soal Banjir di Jakarta