Ekonomi dan Bisnis

Bos Besar Freeport Puji Sri Mulyani: Anda Sangat Menginspirasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan CEO Freeport McMoran Richard Adkerson.

CEO Freeport McMoRan Inc, Richard Adkerson, bersua dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, di sebuah acara makan malam di Washington, ibu kota Amerika Serikat. Richard bahkan sempat melemparkan pujian ke Sri Mulyani meskipun dikabarkan situasi saat ini masih memanas terkait negosiasi antara pemerintah RI dengan PT Freeport Indonesia.

Richard yang ternyata menyaksikan Sri Mulyani dalam salah satu seminar dari rangkaian Annual Meeting IMF-World Bank, menilai Sri sebagai sosok yang sangat memberikan inspirasi.

“Dalam sebuah acara seminar tentang CEO perempuan, saya melihat Sri Mulyani sangat menginspirasi,” ujar Richard di Hotel Fairmont, Washington, Rabu (11/10/2017) waktu setempat.

Menurut Richard, banyak hal menarik dari kisah Sri Mulyani saat masuk ke dalam pemerintahan hingga kemudian bergabung ke Bank Dunia. Lalu memutuskan untuk kembali lagi ke Indonesia demi negara.

“Saya terus terang, tidak hanya wanita yang terinspirasi, buat para laki-laki juga,” ujar Richard yang disambut tepuk tangan dan tawa para tamu.

Richard Adkerson, CEO dan Vice Chairman Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc, dalam acara makan malam bertajuk “Voyage to Indonesia 2018”, 11 Oktober 2017.

Richard menyampaikan, Freeport juga memiliki salah satu petinggi perempuan dan memberikan inspirasi untuk para karyawan, namun Sri Mulyani lebih dari itu.

“Kita juga memiliki CFO perempuan, tapi kamu sangat menginspirasi, Sri Mulyani,” tutur Richard.

Acara makan malam ini merupakan bagian dari persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah dari annual meeting IMF-World Bank di Bali pada 2018 mendatang.

Hadil dalam acara ini Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, President United States-Indonesia David Merril dan CEO US-ASEAN Business Council Alexander C Feldman serta sekitar 100 pengusaha dari AS dan Indonesia.

Makan malam dimulai sekitar pukul 19.00 waktu setempat. Sri Mulyani yang mengenakan batik duduk di tengah deretan pengusaha AS. Di depannya, ada Richard yang juga berbaju batik.

Foto: Maikel Jefriando-detikFinance

Sejak makan malam dimulai, Sri Mulyani dan Richard tampak akrab bahkan sesekali bercengkrama. Keduanya keliahtan saling tersenyum, menikmati pembicaraan bersama para pengusaha lainnya.

Secara kasat mata, tidak nampak adanya situasi panas antara pemerintah Indonesia dan Freeport, meskipun tengah dalam bernegosiasi.

Negosiasi pemerintah dan Freeport kembali memanas setelah surat Richard Adkerson bocor ke publik. Surat tersebut ditujukan untuk Sekjen Kemenkeu Hadiyanto, berisi penolakan skema divestasi yang ditawarkan pemerintah Indonesia.

Sejak mencuatnya polemik surat tersebut, sepertinya ini pertemuan pertama antara Sri Mulyani dan Richard di depan publik.

Setelah makan, Richard diminta ke depan untuk memberikan kata sambutan. Ia pun berbicara sedikit mengenai sosok Sri Mulyani sebelum kemudian mengundangnya naik ke atas panggung.

“Sri Mulyani saya cukup mengenalnya. Saya melihat dia bisa memberikan inspirasi untuk orang lain,” ungkap Richard.

Sri Mulyani pun kemudian maju ke panggung. Ia menyempatkan diri untuk bersalaman dengan Richard sebelum memberikan sambutan.

“Saya tahu hampir semua yang ada di sini memperhatikan bahasa tubuh saya dan Richard malam ini. Termasuk saat bersalaman,” ujar mantan Managing Director Bank Dunia tersebut itu yang disambut tawa tamu yang hadir.

Sri Mulyani

Sri Mulyani (Foto: Maikel Jefriando-detikFinance)

loading...


Artikel Lain