Nasional

Beredar Kabar Sutan Bhatoegana Meninggal, Ini Kata Kalapas Sukamiskin

Sutan Bhatoegana
Sutan Bhatoegana

Jurnalindonesia.id – Kondisi kesehatan terpidana korupsi 12 tahun penjara, Sutan Bhatoegana, dikabarkan semakin menurun.

Hal tersebut diakui oleh Kalapas Sukamiskin Bandung Dedi Handoko, Rabu, 16 NOvember 2016. Pernyataan Dedi ini juga sekaligus menjawab beredarnya isu terkait meninggalnya Sutan.

“Berita (Sutan Bhatoegana meninggal) itu tidak benar, memang kondisi beliau menurun,” kata Dedi, Rabu, 16 November 2016.

Dedi pun berharap agar mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang kini masih ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin Bandung Jawa Barat itu kondisinya segera membaik. Ia juga meminta masyarakat tidak mudah menyebarkan hal-hal yang belum terkonfirmasi kebenarannya. “Semoga Pak Sutan segera membaik,” kata Dedi.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon juga memastikan jika kondisi Sutan Bhatoegana tidak seperti isu yang beredar. Di akun twitternya, Fadli terlihat memajang fotonya bersama Sutan Bhatoegana. Meski begitu, Fadli tetap berharap agar publik mendoakan Sutan segera pulih.

Fadli Zon saat menjenguk Sutan Bhatoegana

Fadli Zon saat menjenguk Sutan Bhatoegana (Foto: Dokumentasi Fadli Zon)

Baca: Memprihatinkan, Begini Kondisi Terakhir Sutan Bhatoegana: Bak Tulang Terbungkus Kulit

Sutan Bhatoegana merupakan narapidana atas kasus suap pembahasan APBN Perubahan tahun 2013 untuk Kementerian ESDM. Ia juga disangkakan menerima gratifikasi.

Dia terbukti menerima uang sebesar USD140,000 dari Waryono Karno dan USD200,000 dari Rudi Rubiandini. Tidak hanya itu, dia juga terbukti menerima tanah dan bangunan dari Komisaris PT SAM Mitra Mandiri, Saleh Abdul Malik.

Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi sebelumnya menjatuhkan pidana sebesar 10 Tahun penjara kepada Sutan. Namun hukuman itu diperberat MA pada tingkat kasasi menjadi 12 tahun.

 

Artikel Lain