Nasional

Anies Rangkul Brigade Jawara Betawi 411 untuk Amankan Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menggandeng kelompok Brigade Jawara Betawi 411 untuk ikut membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengamankan Ibu Kota.

Hal tersebut Anies ungkapkan dalam acara Milad ke-1 Brigade Jawara Betawi 411 di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (5/11).

Sedianya acara itu akan dihadiri Anies di Patung Kuda, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2017) pukul 07.30 WIB. Namun kemudian lokasi diubah ke Balai Kota.

Jawara Betawi 411 dalam acara Milad ke-1 di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (5/11). (Foto: CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)

Kelompok Brigade Jawara Betawi 411 terbentuk saat Aksi Bela Islam 411. Sebagian besar anggotanya berasal dari Alumni Aksi Bela Islam 212 dan komunitas pencak silat dan budaya Betawi.

“Saya sampaikan kepada mereka semua bahwa kehadiran Jawara dj Jakarta ini harus seperti pesannya, yaitu membuat kota Jakarta jadi kota aman, nyaman dan membahagiakan bagi semua,” ujar Anies.

Anies melanjutkan, karakter Brigade Jawara Betawi 411 harus mencerminkan akhlak yang mulia dalam kesehariannya.

Jawara Betawi 411

Jawara Betawi 411

Menurut Anies, sifat-sifat mulia tidak lepas dari cerminan para nabi. Anies menilai, jjka anggota Brigade Jawara Betawi 411 dapat melakukan hal itu maka mereka telah melakukan hal yang benar.

Anies berhalangan untuk menghadiri seluruh rangkaian acara peringatan Brigade Jawara Betawi 411 yang berlangsung di Patung Kuda. Sehingga digantikan oleh Sekretaris Daerah Saefullah.

Hadir di lokasi acara di Patung Kuda, Saefullah disambut oleh kebudayaan Betawi seperti Pencak Silat dan Palang Pintu.

Massa mulai datang ke Patung Kuda pukul 07.30 WIB. Massa tampak menggunakan pakaian pencak silat (pangsi) ala Betawi berbagai warna, seperti merah, hijau, biru, hitam dan ada pula yang menggunakan pakaian muslim berwarna putih. Selain itu massa terlihat menggunakan peci mayoritas berwarna hitam.

Jawara Betawi 411

Jawara Betawi 411

Terlihat pula di lokasi ada anak-anak ikut memeriahkan acara dengan menggunakan pakaian pencak silat ala Betawi. Selain itu petugas kepolisian dan Satpol PP sudah terlihat berjaga di lokasi sejak pukul 06.30 WIB.

Di lokasi terlihat 1 tenda besar dengan banner bertuliskan ‘Milad Ke-1 Brigade Jawara Betawi’ sebagai panggung utama acara. Selain itu terlihat 4 tenda kecil yang digunakan sebagai posko kesehatan maupun tempat menaruh makanan yang nantinya akan di bagikan ke massa yang hadir.

Sekitar pukul 07.45, Sekertaris Daerah Saefullah hadir di lokasi tersebut mewakili Anies Baswedan. Ia menggunakan pakaian pangsi warna merah dan disambut oleh tradisi palang pintu sebelum acara dimulai.

Sejumlah tokoh ormas Islam seperti ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir dan Ketua Presidium Alumni 212 Salmet Marif turut hadir.

Jawara Betawi 411

Jawara Betawi 411

Ketika dikonfirmasi ketidakhadiran tersebut, Anies mengatakan bahwa dirinya tidak menolak hadir. Hanya saja, ada kekeliruan tempat dan waktu yang tercantum di agenda tersebut.

“Ada kekeliruan penulisan lokasi. Harusnya tulisannya pelepasan di Balai Kota. Kan memang acaranya di sini,” kata Anies di Balai Kota, Minggu (5/11/2017).

Jawara Betawi 411

Jawara Betawi 411

Jawara Betawi 411

Jawara Betawi 411

Komentar Facebook

You Might Also Like