Unik

5 Tips Hemat Cara Menjaga Rumah Bersih dan Sehat

Menjaga kebersihan rumah bukan hanya masalah menjadikan lingkungan nyaman dilihat dan ditinggali saja. Kebersihan tempat tinggal juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting bagi kesehatan anggota keluarga Anda. Membersihkan rumah boleh jadi menjadi hal yang merepotkan bagi Anda. Apalagi jika Anda memiliki rumah dan halaman yang cukup luas. Pasti membutuhkan tenaga dan waktu yang banyak.

Untuk mengatasinya Anda bisa saja mencari jasa home cleaning yang tersedia di kota Anda. Namun, tentu saja hal ini akan membengkakkan pengeluaran Anda hingga beberapa persen. Nah, oleh karena itu, Kami akan merangkumkan cara menjaga kebersihan rumah yang dapat Anda lakukan dengan biaya minimal. Namun tetap memiliki dampak yang maksimal bagi kesehatan jasmani dan rohani Anda sekeluarga.

Biasakan Membersihkan Kamar dan Tempat Tidur Sendiri

Membersihkan tempat tidur dan kamar sendiri mungkin memang hal yang sepele dan kadang dibiarkan begitu saja. Namun jika menjadi kebiasaan, maka akan menyita waktu yang banyak saat Anda mulai membersihkan rumah. Selain itu, kamar Anda akan mengundang banyak nyamuk karena berantakan. Menjengkelkan, bukan?

Biasakan bangun lebih pagi dan luangkan waktu untuk membersihkan jendela kamar, menyapu lantai, membenahi pakaian yang bergelantungan, hingga membuat beberapa dekorasi kamar dengan perabot dengan ringan. Selain akan membantu rumah Anda tetap sehat dan bersih. Cara ini juga sekaligus menjadi olah raga ringan bagi Anda. Bukan hanya menjaga kamar tetap bersih dan nyaman. Anda juga dapat menjaga kebugaran tubuh Anda dengan kebiasaan sederhana ini.

Biasakan Langsung Mencuci Pakaian Maupun Perabot Dapur Selepas Digunakan

Anda mungkin kebiasaan menumpuk pakaian dan perabot dapur setelah Anda menggunakannya. Nah, mulai saat ini, biasakan langsung mencuci perabot dapur setelah memasak atau santap bersama keluarga. Hal ini akan cukup efektif untuk mengurangi tumpukan kotoran di dapur yang akan membuat rumah Anda nampak kotor dan berbau.

Begitu pula pakaian. Anda dapat melakukan tips yang sama pada pakaian yang dikenakan oleh Anda dan keluarga pada hari ini. Langsung saja cuci pakaian yang baru Anda kenakan. Cara ini akan mencegah tumpukan atau gelantungan pakaian yang mengundang nyamuk dan membuat kamar Anda nampak berantakan. Belum lagi akan menghemat air atau listrik karena tidak perlu menggunakan banyak air untuk mencuci sesetel pakaian yang Anda cuci hari ini.

Adakan Kerja Bakti Keluarga 20 Menit Sehari

Anda mungkin saja memiliki asisten yang akan membantu Anda membersihkan rumah. Namun, akan menjadi suatu keasyikan tertentu jika Anda dan keluarga dapat meluangkan waktu 20 menit tiap harinya untuk membersihkan satu bagian dari rumah Anda bersama-sama. Anda dapat mengerjakan pekerjaan membersihkan rumah yang lumayan berat, sedangkan anak-anak diberi pekerjaan yang lebih ringan.

Kegiatan ini akan menjaga kebersihan dan kehigienisan rumah Anda sekaligus menjaga kekompakan dan keharmonisan keluarga Anda. Anda tidak perlu lagi menyewa home cleaning service. Belum lagi Anda juga sedikit banyak dapat mengajarkan tanggung jawab dan semangat gotong-royong pada anak-anak Anda sejak dini. Kegiatan ini selain akan menjaga rumah Anda tetap bersih, juga akan membantu Anda membangun mental buah hati Anda untuk hidup bersih dan sehat.

Letakkan Peralatan dan Bahan Penjaga Kebersihan di Tempat yang Terjangkau

Beberapa peralatan kebersihan rumah umumnya akan diletakkan pada tempat yang tersembunyi seperti pada loteng, lemari bawah tangga maupun pada gudang. Hal ini memang akan membantu menjaga rumah Anda tampak ringkas dan rapi. Namun, akan menyulitkan Anda ketika ada hal yang perlu dibersihkan secepatnya.

Misalnya begini.

Pada saat Anda menikmati segelas jus, jus tersebut tumpah. Anda akan kesulitan membersihkan kotoran tersebut. Meletakkan alat pel dan sapu pada tempat yang terjangkau akan memudahkan Anda membersihkan kotoran tersebut. Jika Anda takut peralatan kebersihan tersebut akan membuat rumah Anda nampak tidak rapi, Anda dapat menata ruangan tersebut agar dapat menyimpan peralatan kebersihan rumah dengan rapi namun tetap dapat mudah dijangkau saat dibutuhkan.

Fokuskan Bagian Rumah yang Sering Digunakan dan Dilewati saat Bersih-bersih Rumah

Beberapa ruangan dan lokasi rumah seperti ruang tamu dan lorong-lorong antar kamar akan menjadi lokasi termacet pada rumah Anda. Tempat-tempat tersebut juga berpotensi tempat menumpuk dan penyebarang kotoran. Terutama debu yang menjengkelkan. Belum lagi akan membuat Anda tidak nyaman saat berkumpul bersama di ruang keluarga atau melewati lorong tersebut

Oleh karena itu, pada saat Anda melakukan bersih-bersih akbar, pusatkan perhatian Anda pada ruangan tersebut agar kotoran-kotoran bersih maksimal dan tidak menyebar pada bagian lain rumah Anda. Dengan demikian, Anda dapat mencegah kotoran ditempat pusat kegiatan tersebut membuat kotor tempat lain yang akan menyusahkan anda dikemudian hari tentunya.

Demikian artikel tips hemat dan asyik menjaga rumah bersih nan sehat dari kami. Semoga dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan kebersihan rumah Anda bersama-sama keluarga Anda!

Komentar Facebook