Pendidikan

14 Pelajar Indonesia Raih Medali Emas di International Mathematics Contest Singapura

14 Pelajar asal Indonesia berhasil meraih medali emas di Ajang Matematika Internasional di Singapura. (Foto: Merdeka.com/Kirom)

jurnalindonesia.id – 14 dari 129 siswa berprestasi asal Indonesia berhasil meraih medali emas di ajang International Mathematics Contest (IMCS) yang berlangsung sejak tanggal 4 hingga 7 Agustus 2017 di Singapura. Mereka berhasil mengalahkan 1.178 peserta dari 11 negara di Asia.

Team Leader Indonesia dari Klinik Pendidikan MIPA, Ridwan Hasan Saputra, tak mampu membendung rasa bangganya atas prestasi gemilang yang diraih para siswa tersebut.

Apalagi di tahun ini ada siswa Indonesia yang meraih Grand Champion, hal ini merupakan anugerah yang harus disyukuri,” kata Ridwan saat ditemui di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Senin (7/8).

Ridwan yang juga merupakan Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA mengungkapkan, ajang tersebut memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman serta wawasan kepada anak-anak agar tetap rendah hati. Pasalnya, banyak anak yang lebih pintar di negara-negara yang lebih maju, namun tetap saling menghargai dan rendah hati.

Dengan demikian, imbuhnya, siswa-siswi berprestasi tersebut bisa lebih semangat lagi dalam belajar. Supaya indonesia bisa menjadi bangsa yang besar.

“Lomba ini jadi momentum untuk meningkatkan ibadah para peserta karena saya lihat para peserta ini selama di karantina mereka semakin rajin beribadah. Medali hanyalah Bonus,” tutur dia.

129 pelajar Indonesia yang terdiri atas pelajar kelas 3 SD hingga kelas 11 SMA tersebut mengikuti IMCS sejak tanggal 4 hingga 7 Agustus 2017.

Total peserta dalam ajang ini ada 1.178 peserta, berasal dari 11 negara yakni China, Malaysia, Hongkong, Taiwan Philipina, Indonesia, Korea, Thailand, Iran, Vietnam dan Australia.

Peserta IMCS dari Indonesia tersebut merupakan hasil seleksi dari sekitar 250 ribu siswa yang mengikuti Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR), juga para siswa pilihan yang mengikut Math In House Training (MIHT). Ini adalah tahun ke-10 Indonesia mengikuti ajang IMCS.

Secara keseluruhan, tutur Ridwan, peserta IMCS asal Indonesia di tahun ini berhasil menggondol 14 emas, 26 perak, 50 perunggu dan 38 merit. Ditambah satu peserta yang berhasil menyandang predikat grand champion.

Baca: Putra Kapolda Metro Sabet Predikat “Grand Champion” Lomba Matematika Internasional di Singapura

 

Artikel Lain