Female

10 Masakan Khas Nusantara

ayam-betutu

Bagi sebagian orang mungkin makanan asing atau yang kebarat-baratan lebih digemari. Beberapa berpendapat bahwa makanan tersebut lebih simple dan enak karena kebanyakan makanan tersebut jarang mengandung sayuran seperti burger, pasta dan lainnya.

Selain itu juga sebagian orang lebih suka masakan kebarat-baratan ini karena mudah dibuat dan tak membutuhkan waktu lama. Berbeda halnya dengan masakan Indonesia yang banyak menggunakan rempah dan juga cukup rumit untuk dibuat.

Namun karena rempah-rempah itulah menjadikan masakan Indonesia bercita rasa tinggi dan mempunya gizi yang bermanfaat. Untuk itu ada baiknya mulai sekarang anda memakan masakan khas nusantara yang lezat dan juga bergizi. Seperti masakan rumahan (10 masakan rumahan khas nusantara) berikut ini yang patut anda coba.

  1. Rendang

Siapa yang tak kenal dengan masakan khas minang yang satu ini. Makanan yang sudah mendunia ini memang memiliki rasa yang sangat lezat karena hampir semua jenis rempah dimasukan ketika dimasak. Maka tak heran jika rendang banyak yang memfavoritkan termasuk wisatawan asing.

  1. Sate

Makanan yang satu ini juga sangat lezat maka dari itu di setiap daerah pasti kita akan menjumpai makanan yang satu ini. Makanan yang khas dengan daging ditusuk ini memang berbeda di setiap daerah. Seperti sate Madura atau Sate Maranggi.

  1. Soto

Masakan yang satu ini juga makanan khas nusantara yang banyak digemari karena rasanya yang nikmat. Sama halnya dengan sate, soto juga memiki khas tersendiri di setiap daerah. Seperti ada soto Makasar, soto Bandung dan lainnya.

  1. Ayam Betutu

Makanan khas Bali berikut ini sudah taka sing lagi. Selain dimasaknya yang unik. Masakan yang satu ini juga memiki cita rasa rempah yang sangat khas.

  1. Bakso

Salah satu masakan yang disukai oleh mantan Presiden Amerika, Barrack Obama ini memang menjadi masakan khas nusantara yang difavoritkan sebagai cemilan yang mengenyangkan.

  1. Nasi Goreng

Rasa pedas atau manis yang terdapat dalam nasi goring adalah rasa yang banyak dicari para penikmat kuliner. Nasi goreng sering dijadikan makanan berat yang banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia karena rasa dan cara membuatnya yangtak begitu susah.

  1. Tumis Kangkung

Masakan khas nusantara ini memang sangat mudah untuk dibuat karena sedikit menggunakan bahan rempah. Namun rasanya sangat lezat ketika dimakan dengan nasi putih hangat dan ikan goring.

  1. Gado-gado

Banyak yang menyebut masakan yang satu ini sebagai saladnya orang Indonesia. Memang benar karena bahan utamanya berbagai macam sayuran dan dilumuri saus kacang membuat gado-gado makanan sehat yang nikmat.

  1. Ikan Asin

Ada beberapa orang yang tidak suka dengan makanan satu ini karena dianggap kurang bergizi. Namun makanan khas nusantara satu ini sangatlah nikmat jika dimakan dengan nasi hangat dan sambal yang menggugah selera.

  1. Martabak

Varian rasa manis pada martabak membuatnya menjadi cemilan yang banyak dicari. Apalagi sekarang martabak mempunyai varian topinh yang lebih beragam membuat makanan khas nusantara satu ini semakin popular dan digemari.

Baca juga: 10 Menu Masakan Favorit di Indonesia

 

Komentar Facebook

Lainnya